BAHASA INDONESIA: CONTOH PIDATO BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA

BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA




BAHASA INDONESIA: CONTOH PIDATO BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA




Asalamualikum wr.wb

Ibu/bapak guru yang saya hormati juga rekan-rekan yang saya sayangi

alhamdulilah kita patut ucapkan beribu kata syukur kepada Allah swt. karena atas rahmat dan hidayahnya kita bisa berkumpul ditempat yang aman ini. semoga apa yang sedang kita lakukan dapat menjadi pahala disisi Allah swt. aamin.

shalawat serta salam semoga terlimpah curah kepada jungjungan nabi besar muhammad saw karena kita sebagai umatnya wajib mengucapkan shalawat atas perjuangan yang telah beliau raih dalam memperjuangkan agama islam ini, atas perjuang beliau kita pautu mensyukurinya dengan menjalankan ibadah kepada Allah swt dengan sebaik-baiknya.

ibu/bapak guru yang saya hormati juga rekan-rekan yang saya banggakan

dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato yang berjudul berbakti kepada kedua orang tua. perlu kita sadari bahwa kita hidup sekali didunia ini berkat adanya kedua orang tua kita. mereka yang telah melahirkan kita dan merawat kita hingga pada saat ini. semua apa yang mereka miliki selalu dikorbankan demi kebahagiaan sang buah hati agar menjadi lebih baik. tentu kita sebagai anak harus dan bahkan wajib menghormati mereka. kita adalah buah hati mereka, dan mereka adalah mutiara indah kita. siapa yang harus kita hormati? jawabanya pasti adalah keduanya. entah itu ayah atau ibu. akan tetapi kita harus lebih menyayangi ibu yang telah melahirkan kita. karena dalam hadist dijelaskan bahwa ketika sahabat nabi bertanya kepadanya dengan pertanyaan "ya rassulluloh siapa orang yang harus saya hormati?" rasulluloh menjawab " UMI/IBU", kemudian sahabat kembali bertanya "lalu siapa lagi?" rasulluloh menjawab " UMI/IBU", dan yang ketiga kalinya sahabat bertanya " lalu siapa lagi?' rasulloh menjawab " UMI/IBU. serta yang keempat kalinya sahabat kembali bertanya " lalu siapa lagi?" rasulluloh menjawab " ABI/AYAH". jelaslah dari hadist diatas bahwa orang yang harus kita hormati adalah ibu kemudian ayah. ingatlah bahwa surga ada ditelapak kaki ibu jadi sayangilah ibu dengan penuh kasih sayang agar kita mendapat ridho yang indah darinya.

ibu/bapak guru yang saya hormati juga rekan-rekan yang saya kagumi

bagaimana jika misalnya kedua orang tua kita sudah tiada? ingat dalam hadist dijelaskan bahwa ada 3 amalan yang tidak akan pernah putus jika ia telah tiada yaitu 
  1. shodaqoh jariyah
  2. ilmu yang bermanfaat
  3. doa anak kepada kedua orang tua
jika kedua orang tua kita telah tiada maka doakanlah mereka dengan doa tulus kita setelah sholat. karena doa anak yang sholeh akan sampai kepada mereka yang telah tiada. bahkan doa dari anak yang sholeh akan selalu sampai kepada mereka yang telah tiada.

ibu/bapak guru yang saya hormati juga rekan-rekan yang saya cintai

maka dari itu marilah kita berbakti kepada kedua orang tua kita karena merekalah yang telah menjaga kita hingga saat ini, merekalah yang telah berani berjuang dan berkorban bagi kita. jadi jangan pernah menyia-nyiakan perjuangan mereka untuk kita, jadikanlah mereka sebagai segala diatas segalanya.

sekian pidato yang saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat buat kita agar bisa selalu berbakti kepada kedua orang tua kita.

wasalamualaikum wr wb

Comments

Popular posts from this blog

KIMIA: ALKALI TANAH

BAHASA INDONESIA: CONTOH PIDATO TENTANG INDAHNYA BERBAGI

BIOLOGI: TRANSPOR ELEKTRON